Senin, 09 Mei 2016

TUGAS III MAKALAH MARKETPLACE DAN PENERAPANNYA



MAKALAH
MARKETPLACE DAN PENERAPANNYA





Disusun Oleh :
Ana Rosyidah (4114004)


Dosen pembimbing :



FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM








KATA PENGANTAR
Alhamdulillah , segala puji bagi Allah SWT atas pertolongan dan kemudahan yang telah diberikan oleh-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah yang berjudul Marketplace dan Penerapannya . Penulis tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada : Bapak Endang Kurniawan, S.Kom., M.M., CEH, CHFI, CIPM selaku dosen pembimbing pada matakuliah Pengembangan dan Implementa Sistem Informasi yang telah membimbing dan memberikan ilmunya kepada penulis

Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini tidak lepas dari kekurangan yang disebabkan oleh keterbatasan kemampuan, pengalaman dan pengetahuan penulis. kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan . Penulis juga berharap semoga makalah ini dapat memberi manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang Sistem Informasi. Akhir kata penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini.





Jombang, 08 Mei 2016
  
     Penulis








DAFTAR ISI
Kata Pengantar .............................................................................................................................
Daftar Isi …………......................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN ………..............................................................................................
1.1  Latar Belakang …….........................................................................................................
1.2  Rumusan masalah..............................................................................................................
 1.3  Tujuan.……......................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN. ……...................................................................................................
2.1   Marketplace......................................................................................................................
2.2   Fungsi Marketplace..........................................................................................................
2.3   Jenis-jenis Marketplace.....................................................................................................
2.4   Perbadaan Marketplace, E-commerce, Online Shop .......................................................
2.5   Penerapan Marketplace Dalam Bisnis..............................................................................
2.6   Keuntungan Marketplace.................................................................................................
BAB III PENUTUP.....................................................................................................................
3.1  Kesimpulan........................................................................................................................
3.2  Saran..................................................................................................................................












BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi dan kominikasi saat ini berlangsung dengan sangat pesat. hal ini tidak terlepas dari keberadaan internet sebagai salah satu media komunikasi dan penyedia informasi. Dengan  adanya internet seseorang dapat menyampaikan informasi kemana saja dan kepada siapa saja. Tanpa dibatasi oleh tempat, ruang , maupun waktu tertentu.  
Di dalam dunia bisnis saat ini peranan internet telah dirasakan semakain penting dan berarti karena sejak masyarakat mulai akrab dengan internet, pola hidup dan kebiasaan berbinis dan bertransaksi mulai berubah. Dahulu para pelaku bisnis pada umumnya masih melakukan bisnis dan transaksi nya secara manual melalui tatap muka secara langsung ataupun melalui telepon. Sayangnya kadang-kadang muncul permasalahan seperti janji untuk pertemuan yang tidak bisa ditepati atu tidak ada ditempat pada saat dihubungi. Untuk itu cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, kita dapat menggunakan atau memanfaatkan internet. Melalui internet, proses bisnis yang tadinya dilakukan secara manual dapat dilakukan secara online, Baik itu proses pemasaran, tawar menawar harga maupun proses transaksi. model  bisnis secara online itu disebut dengan Marketplace. Dalam makalah ini akan dibahas pengertian dari marketplace serta penerapan nya dalam dunia bisnis untuk mempermudah para pelaku bisnis

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dalam makalah ini diantaranya:
1.      Apa itu marketplace ?
2.      Apa saja fungsi dari marketplace ?
3.      Apa saja jenis-jenis dari marketplace ?
4.      Apa perbedaan antara Marketplace, E-commerce dan Online shop ?
5.      Bagaimana contoh penerapan Marketplace dalam dunia bisnis ?
6.      Apa keuntungan dari marketplace ?

1.3    Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui pengertian dari marketplace, fungsi dari marketplace, perbedaan antara ( marketplace, E-commerce, Online shop) dan yang paling penting adalah penerapan marketplace dalam dunia bisnis serta keuntugan yang akan didapat dalam menjalankan bisnis melalui marketplace
BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Marketplace
Marketplace adalah sebuah bentuk pasar elektronik (Virtual Market) dimana pembeli dan penjual bertemu dan dihubunhkan melaluisuatu transaksi elektronik (online) yang dapat diakses secara cepat, aman, dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Marketplace, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan. Marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.
 Selain itu, dalam marketplace juga membantu mempromosikan barang dagangan dan juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Pada sistem belanja online ini , sebuah website menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. Di website inilah kita akan menemukan produk  yang sama dari penjual yang berbeda. Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembelidapat langsung mengklik tombol ”beli” kemudian melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum.  pada sistem belanja ini , penjual tidak akan melakukan Tanya jawab kepada pembeli dan tidak ada diskon atau tawar menawar seperti pada online shop. Tantangan bagi pembuat website ini adalah bagaimana penjual dan pembeli memiliki rasa kepercayaan tinggi untuk bertransaksi pada website tersebut sehingga para pelaku bisnis didalamnya tidak perlu khawatir akan barang tidak sampai , uang belum dikirim, ataupun uang belum diterima oleh penjual. Dalam suatu marketplace juga menggandeng/berkerja sama dengan vendor jasa pengiriman, pihak bank, dan vendor jasa internet, owner sudah bisa focus untuk monetize website itu sendiri. Contoh dari marketplace diantaranya adalah : tokopedia.com,bukalapak.com, Dan lain-lain.
 Ada beberapa komponen dalam marketplace , diantaranya :
-          Penjual
Penjual ini terdiri dari front end, back end,  dan intermediaries
a.       Front end adalah bagian dari penjual yang berkomunikasi langsung dengan calon pembeli, misalnya Administratorsebuah took online.
b.      Back endadalah bagian penjual dibalik layar yang mengurusi hal-hal seperti logistic, pengemasan produk, pengiriman,dsb.
c.       intermediaries adalah pihak ketiga yang mendukung kegiatan penjualan. Biasanya ada dua macam intermediaries : petama, intermediaries yang memberikan informasi mengenai pasar, permintaan, penawaran,dsb. Kedua, intermediaries yang memberikan nilai tambah seperti memberi strategi advise untuk perusahaan tersebut. Sebaiknya intermediaries yang pertama dihilangkan saja karena hal itu sebenarnya bisa dikerjakan oleh back end. Penghilangan intermediaries disebut disintermediation. Jika suatu suatu intermediary sebelumnya tidak ada kemudian diadakan, maka istilahnya disebut reintermediation. Tetapi untuk jenis intermediariesyang kedua maka sebaiknya dipertahankan saja karena dapat meningkatkan performa penjual.
-          Pembeli
Produk berupa barang atau jasa di marketplace produknya bisa dalam bentuk digital.
Infrastruktur dalam marketplace juga tetap ada kebijakan yang mengatur jalannya jual beli , kesepakatan-kesepakatan. dsb.

              
2.2  Fungsi Marketplace
Secara fungsi , sebenarnya fungsi marketplace tidak berbeda dengan pasar biasa , yaitu :
1.      Mencocokkan antara penjual dan pembeli.
2.      Sebagai fsilitas Transaksi.
3.      Sebagai infrastrukur institusional.
Akan tetapi tedapat perbedaan yang paling krusial diantaranya :
1.      Sistem komputerisasi secara online digunakan dalam mendukungpasar agar dapat dilakukan secara efisien dalam menyediakan update informasi dan layanan jasa untuk penjual dan pembeli yang berbeda-beda.
2.      meningkatkan efisiensi dalam pengiriman atau meningkatkan fungsi-fungsi pasar, seperti :menghubungkan antara penjual dan pembeli, memfasilitasi transaksi dan menyediakan infrastruktur.


2.3  Jenis-jenis Marketplace
Terdapat beberapa jenis dari marketplace diantaranya:
1.      Private Marketplace
Yaitu pasar online yang dimiliki atau dikelola oleh satu perusahaan (perusahaan tersebut mempunyai kendali atas setiap transaksi di dalam pasar tersebut). Dalam Private marketplace terdapat beberapa tipe diantaranya:
a.       Sell-side Marketplace
Yaitu sebuah private marketplace dimana satu perusahaan menjual produk untuk perusahaan yang memenuhi syarat .
b.      Buy-side Marketplace
Yaitu sebuah private marketplace dimana satu perusahaan membuat pembelian dari pemasok yang diundang.

2.      Public Marketplace
Yaitu pasar online yang dimiliki atau dikelola oleh pihak ketiga yang independen. dalam public marketplace juga terdapat beberapa tipe diantaranya :
a.       Vertikal Marketplace
Yaitu sebuah public marketplace  dimana hanya industry tertentu yang sepenuhnya berorientasi pada kebutuhan yang berbeda dari kelompok tertentu. Pembeli dan penjual dalam industry tersebut dihubungkan untuk meningkatkan efisiensi biaya operasi, pasokan, persedian dan waktu siklus.
b.      Horizontal Marketplace
Yaitu sebuah public marketplace disesuaikan dengan fungsi atau proses yang penting dalam banyak industry. mereka berjalan dibeberapa industry atau banyak dan focus pada pengetahuan yang tepat dari proses yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal.

2.4  Perbedaan Marketplace , E-commerce dan Online shop
Dalam bisnis online terdapat beberapa model diantaranya: marketplace, e-commerce, online shop dll. dari masing-masing model bisnis memiliki perbedaan diantaranya:
a.       Marketplace
Seperti yang dijelaskan diatas , marketplace merupakan model bisnis pasar online yang menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual dan mempromosikan produk-produknya. tidak hanya itu saja marketplace juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Dalam marketplace kita akan menemukan produk yang sama dari penjual yang berbeda. contohnya: tokopedia.com, olx.co.id, bukalapak.com,dll.
b.      E-commerce
Sistem belanja e-commerce hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah website, kemudian mengklik tombol “beli” dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Bedanya adalah pada e-commerce, barang ataupun produk yang dijual berasal dari website itu sendiri. Ia tidak membuka lahan atau tempat bagi para penjual lain untuk menjajakan produk mereka. Tidak ada tawar menawar dan harga yang diberikan adalah harga pas. Contoh dari e-commerce misalnya zalora.com, berrybenka.com, dll.

c.       Online shop
Online shop atau yang disebut dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, atau Whatsapp. Di beberapa online shop, biasanya akan ada diskon setelah pembeli sering berlangganan pada online shop tersebut. Ada juga online shop yang masih memberlakukan tawar menawar harga suatu produknya. Contoh dari online shop ini sering dijumpai di Facebook dan Instagram. Online shop yang sering dijumpai di Facebook misalnya LakuBgt.

2.5  Penerapan Marketplace  Dalam Bisnis
Terdapat beberapa situs marketplace yang dapat digunakan dalam bisnis online. Seperti : Rajacraft.com. Rajacraft.com merupakan sebuah unit bisnis dari indo.com yang mendapat dukungan dari sebuah lembaga internasional untuk membuat pelatihan bagi pengusaha kecil kerajinan bali. Tujuannya dari program ini adalah untuk membantu para pengusaha kecil Bali yang sejak tragedy bom Bali kehilangan para Buyers yang tidak datang kembali untuk bertransaksi di workshop para pengerajin tersebut. Untuk itu solusi mengedukasi para pengerajin Bali untuk mengetahui internet merupakan jalan keluar untuk memecahkan masalah para pengerajin Bali.
Setelah mengedukasi tentang internet maka sebanyak 200 pengerajin tersebut mendaftarkan diri kedalam marketplace Rajacraft.com. Dengan bergabung kedalam sebuah marketplace, seorang pengerajin akan disediakan website untuk memajang barang dagangannya. Dalam program tersebut Rajacraft.com mendapat dukungan dana untuk melakukan kampanye online di search engine Google.com sehingga marketplace Rajacraft.com menargetkan sebanyak 30.000 pengunjung perbulannya.




2.6  Keuntungan marketplace
Situs marketplace sangatlah bermanfaat dan menguntungkan jika anda ingin memulai menjalankan bisnis maupun yang saat ini sudah memiliki bisnis. diantaranya adalah :
a.       tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menjual maupun membeli barang

Untuk menggunakan situs marketplace ini tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat took online sendiri. Dan tentunya sebagai penjual akan lebih mudah menjumpai banyak konsumen yang mengunjungi situs marketplace tersebut. Jika masih menjual produk ditoko online sendiri mungkin masih memerlukan biaya promosi tambahan, sedangkan untuk berjualan pada situs marketplace biaya promosi ini mungkin sudah tidak perlu dipikirkan hanya tinggal memanfaatkannya saja untuk berjualan.

b.      Situs marketplace pengelolaannya jauh lebih mudah

Saat ini situs marketplace yang ada sangat mudah digunakan untuk user. bahkan bagi orang awam yang sebelumnya belum pernah menggunakan situs jual beli secara online pasti bisa menggunkannya. karena diberbagai situs marketplace yang ada panduan penggunaan atau informasi untuk user cukup mudah dipahami. Selain dari pada itu situs marketplace  penggunaannya jauh lebih praktis , dan tidak memerlukan biaya perawatan yang lebih.

c.       Potensi market jauh lebih besar

Dengn menggunakan situs marketplace kesempatan untuk menjangkau banyak calon pembeli jauh lebih besar. karena apa, kalau kita ketahui masyarakat Indonesia tingkat konsumsinya lumayan tinggi apalagi terhadap produk-produk terbaru yang lagi ngetrend. selainitu juga, masyarakat sekarang lebih suka menggunakan internet untuk melakukan transaksi jual beli baranag






BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Dari penjelasan yang telah disampaikan pada halaman sebelumnya, maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah sebagai berikut :
1.      Marketplace merupakan suatu bentuk pasar online yang menyediakan tempat /lahan bagi penjual untuk menjual produk-produk nya secara online.
2.      Marketplace juga bisa disebut sebagai pihak ketiga yang menjembatani antara penjual dan pembeli.
3.      Komponen dari marketplace diantaranya : penjual, dan pembeli.
4.      Dalam situs marketplace juga berkerja sama dengan vendor jasa pengiriman barang, pihak bank, dan vendor jasa internet untuk memberikan keamanan dan kenyamanan saat bertransaksi.
5.      Perbedaan antara pasar biasa dan marketplace terletak pada sistem komputerisasi yang diakukan secara online, baik itu saat proses penjualan, pembelian, transaksi, serta pengiriman barang.
6.      Ada dua jenis marketplace yaitu private marketplace dan public marketplace.
7.      Terdapat perbedaan antara marketplace, E-commerce dan online shop meskipun sama-sama situs belanja online.
8.      Penerapan marketplace dapat diterapkan dalam bisnis apa saja dan dapat diterapkan dalam bisnis berskala kecil-menengah dan skala menengah-keatas.
9.      Salah satu keuntungan marketplace yaitu tidak perlu melakukan marketing online terhadap website dan produknya karena biaya untuk melakukan kegiatan marketing telh diambil alih oleh pemilik marketplace tersebut.
10.  Target pasar dari marketplace yaitu mulai dari penjual pemula sampai penjual besar yang sudah memiliki took offline, pengguna yang berpeluang membeli produk si penjual.
  
3.2  Saran
Dari pembahasan dihalaman-halaman sebelumnya penulis mempunyai saran yang mungkin akan berguna bagi penikmat belanja secara online dan bagi penulis sendiri yaitu  pastikan situs  belanja secara online bukanlah situs”Abal-abal” alias penipu. Cermati  situs yang akan digunakan sebagai tempat menjual dan membeli produk agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. dan pastikan situs yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan



DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar